Jumat, 11 Juli 2008

Transportasi Gratis

Kalteng Hidupkan Kembali Bus Air

Rabu, 06-02-2008 | 01:15:35

PALANGKA, BPOST - Transportasi bus air yang pernah menjadi primadona angkutan barang dan jasa di pedalaman Kalimantan Tengah akan dihidupkan kembali dengan beroperasinya dua unit bus air dalam waktu dekat.

“Kedua unit bus air itu akan dioperasikan melayani angkutan masyarakat pedalaman di sepanjang sungai Katingan dan sungai Seruyan,” kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Telekomunikasi Kalteng Hariadi Hamzah, Senin (4/2).

Menurut dia, pengoperasian kedua bus air akan difokuskan di kedua jalur sungai tersebut karena sampai saat ini masih belum memiliki trayek angkutan sungai reguler yang memadai.

Ketiadaan angkutan sungai di dua jalur sungai itu menyebabkan masyarakat di daerah pedalaman, baik hulu maupun muara, sulit mengakses wilayah perkotaan yang berlokasi di tengah alur sungai.

Pada era 1980-an hingga 1990-an, bus air sempat menjadi andalan transportasi satu-satunya bagi warga di padalaman untuk mencapai wilayah perkotaan, yang saat itu masih belum saling terhubung dengan angkutan darat.

“Bus air ini merupakan program Departemen Perhubungan dengan dana satu unitnya sekitar Rp 2miliar, dan tahun ini hanya dialokasikan lima unit, dua di antaranya untuk Kalteng,” jelas Hariadi.(ant)

Kabar gembira datang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pemerintah setempat telah menyediakan angkutan air gratis, angkutan ini mempunyai keistimewaan yang membuat angkutan ini layak dipilih oleh warga Banjarmasin. Selain angkutan ini gratis, keistimewaan lainnya yakni lebih aman dan nyaman.

Angkutan air yang baru ini adalah bus air. Dan tahukah kamu, selama ini pelajar yang tinggal di tepi sungai Martapura dan Barito menggunakan kapal kayu untuk pulang dan pergi sekolah. Dan bahayanya kapal kayu tersebut selalu dipenuhi oleh penumpang, maka dari itu jumlahnya perlu ditambah, agar semua penumpang dapat terangkut. Nah, bus air yang baru disediakan pemerintah ini sangat membantu kekurangan transportasi kapal kayu tersebut.

Angkutan air gratis ini sudah diterapkan sekitar bulan September 2007, tahun lalu. Dan sudah mulai digunakan oleh warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Jakarta Hijau | Creative Commons Attribution- Noncommercial License | Dandy Dandilion Designed by Simply Fabulous Blogger Templates